Berita

Sertifikat SSL

admin / January 9, 2018

sertifikat sslJika anda adalah seseorang yang berkecimpung di dalam dunia internet, dan sudah pernah membuat website sendiri, pasti anda pernah mendengar kata SSL Certificate, atau Sertifikat SSL. Apakah anda tahu apa itu setifikat SSL? Dan apakah anda menggunakan sertifikat tersebut untuk website anda?

SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer. Fungsinya adalah sebagai protokol kemanan. Dengan adanya Sertifikat SSL, maka penggunaan sebuat website bisa lebih aman dan para penggunanya pun merasa aman. Terlebih lagi website jual beli yang harus menggunakan pembayaran online, seperti kartu kredit.

Tanda sebuah website sudah memiliki Seritifkat SSL adalah adanya https di depan nama website tersebut. Saat ini, memang belum semua website menggunakan Sertifikat SSL pada website mereka. Namun itu bukan berarti website tersebut tidak aman (bahkan mengandung virus). Bisa saja karena si empunya website belum memasang sertifikat SSL, atau dia belum mengerti kegunaan Sertifikat SSL, sehingga tanpa itupun website akan berjalan lancar sebagaimana biasanya.

Saat ini, pengguna internet semakin bertambah banyak. Orang-orang ramai berjual-beli secara online di berbagai online shop, baik online shop yang besar (seperti Shopee, Tokopedia, dll) maupun online shop buatan sendiri. Jika anda membeli barang di online shop yang sudah besar, maka anda tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah terjamin. Bahkan jika anda ada masalah dalam bertransaksi, ada Customer Service yang bisa dihubungi pada online shop besar tersebut.

Dan sebagai pemilik website online shop buatan sendiri, nampaknya anda membutuhkan Sertifikat SSL untuk membuat website lebih terpercaya di mata konsumen, dan pastinya transaksi akan lebih aman.

Ada banyak penyedia Sertifikat SSL di internet. Dan biasanya, apabila anda membeli nama domain di sebuat penyedia domain, mereka juga menyediakan Sertifikat SSL dan akan langsung dipasangkan pada website anda. Jadi anda tidak perlu repot-repot memasang Sertifikat SSL sendiri.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari sekitar 80 ribu rupiah, hingga jutaan rupiah. Apabila anda ingin membeli Sertifikat SSL, ada baiknya anda berkonsultasi pada penyedianya, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan ada website anda, agar anda tidak salah beli.