Berita

Alat Musik Tradisional Indonesia

admin / November 6, 2017

alat musik indonesiaNegara Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Terbentang dari Sabang Sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Setiap daerah mempunyai budaya yang berbeda-beda. Mulai dari lagu, tarian, dan juga alat musiknya.

Apabila kita berbicara mengenai alat musik tradisional Indonesia, sepertinya tidak akan ada habisnya. Satu daerah saja bisa memiliki lebih dari satu alat musik. Alat musik ini pun dimainkan pada bermacam kesempatan. Bukan hanya sebagai hiburan semata, beberapa alat musik Indonesia dimainkan juga pada saat tertentu, seperti upacara adat ataupun pada saat perayaan tertentu.

Mari kita simak salah satu alat musik tradisional Indonesia yang keberadaanya sudah populer.

Alat Musik Jawa Barat – Angklung

Angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang sudah banyak dikenal orang. Alat musik ini terbuat dari bambu yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang khas dan bernada. Uniknya, setiap satu angklung hanya meghasilkan satu nada. Jadi apabila ingin memainkan sebuah lagu, diperlukan beberapa orang agar tercipta nada yang berbeda dari angklung yang berbeda.

Menurut sejarah, angklung dulunya merupakan bagian dari ritual menanam padi (mengingat daerah jawa barat adalah daerah agraris). Namun seiring berjalannya waktu, angklung menjadi alat musik yang dimainkan kapanpun, terutama ketika ada perayaan-perayaan yang bersifat sukacita.

Saat ini, angklung telah mendunia. Beberapa kali delegasi dari Indonesia menampilkan angklung di panggung dunia, seperti di negara-negara Eropa, Amerika, Jepang, dan banyak lagi. Beberapa rekor pun telah tercipta dari permainan angklung ini. Kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga alat musk tradisional kita dapat menembus dunia.

Untuk mendapatka info lebih lengkap seputar alat musik Indonesia, anda bisa mengunjungi https://alatmusikindonesia.com/ yang memaparkan secara jelas dan lengkap semua alat musik tradisional dari seluruh daerah-daerah di Indonesia.

Keberadaan alat musik tradisional Indonesia akan tetap lestari apabila msyarakatnya ikut merawat dan melestarikannya. Bukan hanya peran pemerintah saja, namun setiap orang punya andil dalam menjaga warisan budaya ini. Pemerintah memberikan fasilitas, masyarakatnyalah yang harus beraksi dan berbuat agar budaya Indonesia tetap utuh, agar tidak punah atau bahkan diklaim oleh negara lain.